Apa yang Berubah d「Thai Chess」alam Hidup Kita jika Covid

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bet36 sports betts

"STThai ChesshThai Chessai ChesseThai Chessjauh ini kan Covid-19 belum dipengaruhi oleh cuaca, saat ini. Jadi yang saya bisa prediksi dengan public health intervention-nya. Jadi di negara yang lemah sistem deteksinya, testing, tracingnya, vaksinasinya ia cenderung menjadi endemi," kata Dicky.

Menurut Dicky, kemungkinan akan diperbolehkan untuk melepas masker dan menjaga jarak tidak menjadi kewajiban.

Memakai masker bisa mengurangi kemungkinan penyebaran virus melalui droplet saat berbicara, batuk atau bersin.

Selain vaksin yang saat ini efektif untuk mencegah keparahan dan kematian, para peneliti juga ke depannya akan terus mengembangkan vaksinasi yang bisa mencegah infeksi.

"Tidak harus selalu menggunakan masker. Menggunakan masker misalnya ketika harus menggunakan transportasi publik, ketika di kantor bisa dilepas," kata Dicky.

"Kalau dulu, orang sebelum Covid-19 orang flu biasa kerjalah. Nah, itu sudah enggak boleh. Kalau sakit, tidak enak badan di rumah, mau gejala flu apa pun. Jangan kontak dekat, isitirahat. Nah itu yang mungkin berubah," kata dia.

Sementara, untuk penggunaan masker, meski tidak diwajibkan, tapi tetap berguna jika dipakai di tempat-tempat umum atau memiliki polusi udara tinggi.

Dicky mencontohkan, perlakuan izin bagi orang-orang yang mengalami gejala flu atau tidak enak badan.

Apakah kita masih harus memakai masker dan menjaga jarak jika Covid-19 menjadi endemi?

Jika Covid-19 menjadi endemi, akan ada kebiasaan atau perilaku di masyarakat yang akan berubah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

"Jaga jarak juga pada saat itu juga enggak harus selalu dilakukan," ujar Dicky.

"Semua vaksin sekarang sudah bisa mencegah keparahan, orang enggak jadi ke ICU. Tapi yang masih sulit adalah mendapatkan vaksin yang bisa mencegah penularan, termasuk mencegah terinfeksi," papar Dicky.

Ke depannya, menurut Dicky, fasilitas publik juga harus lebih memperhatikan ventilasi dan sirkulasi udara atau penggunaan UV-C, disinfektan yang dapat melumpuhkan virus dan bakteri.

Warga mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 oleh petugas kesehatan (kanan) pada vaksinasi merdeka di halaman masjid raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Senin (6/9/2021). Vaksinasi merdeka yang digelar secara serentak pada 6-7 September 2021 di seluruh Indonesia merupakan program sinergi staf khusus Presiden bersama Kapolri dan Panglima TNI untuk membantu pemerintah memutuskan mata rantai penyebaran serta penularan COVID-19. ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/hp.

Endemi tidak akan terjadi di semua negara. Hanya di beberapa negara saja dengan kecenderungan indikator atau tingkat penularan tertentu.