Batuan Mars yang Dikumpulkan Perseverance Ada Petu「Betting Platform Collection」njuk Kehidupan Purba

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Bet36 sports betts

Baca jBettBetting PBetting Platform Collectionlatform Collectioning PlatforBetting Platform Collectionm Collectionuga: NASA Konfirmasi, Batuan Mars Berhasil Dikumpulkan Wahana Perseverance

Betting Platform Collectiondapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

KOMPAS.com - Robot penjelajah Perseverance milik NASA telah mengumpulkan dua sampel batuan Mars. Batuan yang dikumpulkan ini menyimpan petunjuk kehidupan purba di Planet Merah.

Baca juga: Robot Perseverance Berhasil Kumpulkan Batuan Mars, tapi Sampel Lenyap

Kawah Jezero diyakini sebagai tempat di mana dulunya terdapat danau Mars pada 3,5 miliar tahun yang lalu, yakni ketika kondisi lingkungan planet merah ini jauh lebih hangat dan lebih basah daripada saat ini.

Robot Perseverance NASA itu telah mengumpulkan sampel batuan Mars pertamanya yang dilabeli sebagai Montdenier pada 6 September lalu.

Batuan Mars dari sampel pertama yang diambil Perseverance, ditemukan dalam komposisi basaltik dan kemungkinan merupakan batuan dari hasil aliran lava.

Kedua sampel batuan Mars yang dikumpulkan robot Perseverance ini, memiliki ukuran yang sedikit lebih lebar dari pensil dengan diameter dan panjang sekitar 6 cm.

"Sepertinya batuan pertama kami mengungkapkan lingkungan berkelanjutan yang berpotensi layak huni," kata Ken Farley, ilmuwan proyek untuk misi tersebut, dalam sebuah pernyataan Jumat (10/9/2021).

Sementara itu, sampel batuan Mars yang kedua, dilabeli dengan Montagnac, dari batu yang sama yang dikumpulkan pada 8 September.

"Ini masalah besar bahwa air ada di sana untuk waktu yang lama," imbuhnya.

Pada upaya pengambilan sampel batuan Mars yang pertama kalinya pada awal Agustus lalu, mengalami kegagalan. Setelah batuan itu terbukti terlalu rapuh untuk bertahan dari bor Perseverance.

Sampel-sampel batuan yang diduga menyimpan tanda kehidupan di Mars tersebut telah disimpan dalam tabung tertutup di bagian dalam robot rover NASA ini.

Dilansir dari Phys, Minggu (12/9/2021), batuan-batuan yang dikumpulkan Perseverance ini diklaim memiliki tanda yang menunjukkan batuan tersebut telah bersentuhan dengan air untuk jangka waktu yang lama.

Robot penjelajah NASA ini telah menjelajahi Kawah Jezero, yakni wilayah di planet Mars yang berada di utara khatulistiwa dari planet ini.